Abstrak Skripsi1

Diposting oleh nining Minggu, 28 November 2010

Hartini Bai,”Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dalam Keluarga dengan Agresifitas Remaja di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Pasarwajo Kab. Buton Sulawesi Tenggara ”(Yang terdiri atas x + 40 halaman + Lampiran ) yang dibimbing oleh Abdul Haris, S.Kp dan Syahrul Said, S.Kp, Ns

Salah satu faktor yang diduga menjadi sebab timbulnya tingkah laku agresif adalah kecenderungan pola asuh tertentu dari orang tua (child rearing). Sebagai pengasuh dan pembimbing dalam keluarga, orang tua sangat berperan dalam meletakkan dasar-dasar perilaku bagi anak-anaknya. Sikap, perilaku, dan kebiasaan orang tua selalu dilihat, dinilai, dan ditiru oleh anaknya yang kemudian semua itu secara sadar atau tak sadar diresapinya dan kemudian menjadi kebiasaan pula bagi anak-anaknya.
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan hubungan antara pola asuh orang tua (otoriter, demokratis dan permisif) dalam keluarga dengan agresifitas remaja yang diasuhnya.
Jenis desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif korelasional dengan pendekatan cross sectional study. Jumlah sample sebanyak 140 dengan tekhnik pengambilan sample yaitu secara stratified random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian kuisioner yang menggunakan skala likert. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Pasarwajo Kab. Buton Sulawesi Tenggara mulai tanggal 13 Agustus sampai dengan 15 Agustus 2007.
Hasil Penelitian yang menggunakan uji statistik non parametrik Spearman Rank, didapatkan hasil adanya hubungan yang signifikan antara agresifitas remaja dengan pola asuh otoriter (r =0,204; p< 0,000), pola asuh demokratis (r = -0,484 ; p< 0,000) dan permisif (r =0,290; p < 0,000).
Kesimpulan, terdapat hubungan pola asuh orang tua (otoriter, demokratis dan permisif) dengan munculnya perilaku agresif pada remaja.
Saran bagi para orang tua, untuk memperhatikan tentang pengasuhan kepada anak, agar mencegah munculnya perilaku negatif dan membantu menumbuhkan kemampuan untuk bersikap dan berpikir positif bagi anak-anaknya.


Kata Kunci : Pola Asuh Otoriter, Pola Asuh Demokratis , Pola Asuh Permisif, Orang Tua, Agresifitas, Remaja.
Kepustakaan : 23 buah (1993-2007)

0 Responses to Abstrak Skripsi1

LINK IKLAN

PELUANG JADI AGEN PULSA

DOWNLOAD ASKEP LENGKAP

Dapatkan materi lengkap seputar keperawatan/Asuhan Lengkap dan Murah!!!


PROGRAM LAPTOP GRATIS!!!
Daftar Rp 50 ribu punya kesempatan memiliki laptop gratis. Kunjungi: http://www.obral-laptop.cjb.net


Pengikut