INDIKATOR UTAMA PELAKSANAAN
MODEL PRAKTEK KEPERAWATAN KOMUNITAS
KETENAGAAN
1. JUMLAH TENAGA
Model pendekatan dalam perhitungan kebutuhan tenaga keperawatan di rumah sakit
1. Rawat Inap
1.1. Berdasarkan klasifikasi pasien
Tingkat ketergantungan pasien
Pasien diklasifikasikan dalam beberapa katagori yg didasarkan pada kebuth. Thd askep, meliputi :
v Askep minimal (minimal care)
v Askep Partial
v Askep Total
INDIKATOR :
TK. KETERGANTUNGAN | KRITERIA |
MINIMAL | · Kebersihan diri, mandi, ganti pakaian dilakukan sendiri · Makan dan minum dilakukan sendiri · Ambulansi dengan pengawasan · Observasi TTV dilakukan setiap jaga · Pengobatan minimal dengan status psikologis stabil |
PARTIAL | · Kebersihan diri dibantu, makan minum dibantu · Observasi TTV setiap 4 jam · Klien dengan kateter urine, pemasukan dan pengeluaran dicatat · Klien dengan infus, persiapan pengobatan yang memerlukan prosedur |
TOTAL | · Semua keperluan klien dibantu · Perubahan posisi, observasi TV dilakukan setiap 2 jam · Makan melalui selang atau pipa lambung, terapi intravena · Dilakukan pengisapan lendir · Gelisah/disorientasi |
Dengan Rumus
WAKTU KLASIFIKASI | PAGI | SORE | MALAM |
Minimal | 0.17 | 0.14 | 0.07 |
Partial | 0.27 | 0.15 | 0.10 |
Total | 0.36 | 0.30 | 0.20 |
Contoh Kasus :
Ruang perawat bedah: 30 pasien è10 minimal, 15 partial, 5 total,jml Prwt yg ada 14 org..Berapa kebutuhan perawat ruang bedah termasuk Karu, katim, dan jumlah yang tim yang libur berdasarkan Douglas?
Jlm perawat yg dibutukan adalah
KRITERIA PASIEN | SHIFT | | ||
Pagi | Sore | Malam | ||
Minimal Care | 10x0,17 =1,7 | 10x0,14=1,4 | 10x0,07=0,7 | |
Partial Care | 15x0,27 = 4,05 | 15x0,15=2,25 | 15x0,10=1,5 | |
Total Care | 5x0,36 = 1,8 | 5x0,30=1,5 | 5x0,20=1 | |
Jumlah | 7,55 | 7,25 | 3,2 | 18 |
Untuk perhitungan jlm tenaga tsb perlu ditambah (faktor koreksi) dgn Rumus :
v Hari libur/cuti/hari besar (loss day)
Jlm hari Minggu 1 thn 1xcuti + hari besar x jlm pwt yg diperlukan
Jumlah hari kerja efektif
52 + 12 + 14 x 14 = 1092 = 3,81 è Jml Perawat yang libur 4 org
286 286
Bila dihitung Keseluruhan :
Jumlah Shift = 18 orang
Jumlah libur = 4 orang
Karu = 1 orang
Katim = 3 orng
26 orang.
Jadi tenaga keperawatan yang dibutuhkan adalah 26 orang
v Tenaga kep. Yg mengerjakan pekerjaan non kep. (non-nursing jobs) seperti contohnya : membuat perincian pasien pulang, kebersihan ruangan, kebersihan alat2 makan pasien, dll diperkirakan 25% dari jam pelayanan kep.
Jlm tenaga perawat + loss day x 25 =12.5 + 3.4 x 25 = 3.9
100 100
Jlm tenaga : tenaga yg tersedia + faktor koreksi 18+4 + 4 = 26
Jadi tenaga kep. Yg dibutuhkan dalam contoh kasus di atas adalah sebanyak 26 orang
A = rata2 jam rawat diperlukan pasien/hari B = rata2 sensus harian pasien C = jumlah hari/tahun = 365 hari D = rata2 hari libur perawat/thn. E = jlm jam kerja perawat/hari(7/8 jam) F = jam perawatan yg dibutuhkan/thn G = jam perawatan yg diberikan masing2 perawat/thn H = jlm.perawat yg dibutuhkan di ruang rawat.
b. Cara perhitungan berdasarkan Formula Gillies
A X B X C F
-------------- = ---- = H
( C – D )E G
Contoh : Cara perhitungan dalam satu ruangan :
KeNo | Jenis/ kategori | Rata-rata pasien/hari | Rata-rata jam pwt/pasien/hari | Jlm jam pwt/hari |
1 | Pasien peny. Dalam | 10 | 3.5 | 35 |
2 | Pasien bedah | 8 | 4 | 32 |
3 | Pasien gawat | 1 | 10 | 10 |
4 | Pasien anak | 3 | 4.5 | 13.5 |
| Pasien kebid | 1 | 2.5 | 2.5 |
| Jumlah | 23 | | 93.0 |
:
Jadi jlm tenaga kep. Yg diperlukan adalah
Jlm jam perawatan ------------------------- = 93/7 à 13 perawat Jam kerja efektif per shift
Untuk perhitungan jlm tenaga tsb perlu ditambah (FAKTOR KOREKSI) dengan :
v Hari libur/cuti/hari besar (loss day) :
Jlm hari minggu dlm 1 thn + cuti + hari besar x jlm perawat tersedia jumlah hari kerja efektif
52 + 12 + 14 = 78 hari x 13 = 3.5
286
· Jlm tenaga kep. Yg mengerjakan tugas2 non kep. (non-nursing jobs) seperti cth :
Membuat perincian pasien pulang, kebersihan ruangan, kebersihan alat2 makan pasien, dll diperkirakan 25% dari jam pelayanan kep.
Jlm tenaga kep. + loss day x 25
100
13 + 3.5 x 25 = 4.1
100
Jlm tenaga : tenaga yg tersedia + faktor koreksi 16.5 + 4.1 = 20.6 (dibulatkan 21 perawat)
Jadi tenaga kep. Yg dibutuhkan untuk contoh di atas adalah 21 orang.
DALAM PELAKSANAAN MPKP PENGHITUNGAN TENAGA YANG DIGUNAKAN ADALAH MENURUT “ DOUGLAS “
2. Kamar Operasi
a. Di kamar Operasi
Dasar perhitungan tenaga di kamar operasi
1. jumlah dan jenis operasi
2. jumlah kamar operasi
3. Pemakaian kamar operasi (diprediksi 6 jam perhari) pada hari kerja
4. tugas perawat di kamar operasi :instrumentator, perawat sirkulasi (2 orang /tim)
5. Ketergantungan pasien :
- Operasi besar : 5 jam/1 operasi
- Operasi sedang : 2 jam/1 operasi
- Operasi kecil : 1 jam/ 1 operasi
[jlm jam pwt/hari x jlm operasi] x jlm pwt dlm tim
Jam kerja efektif/hari
Contoh kasus :
Dalam suatu RS terdapat 30 operasi perhari, dengan perincian :
- Operasi besar : 6 orang
- Operasi sedang : 15 orang
- Operasi kecil : 9 orang
Perhitungan kebuth. Tenaga kep. Sbb:
[(6x5 jam) + (15x2 jam) +(9x1 jam)] x 2
---------------------------------------------------- = 19.71 +1 (perawat Cadangan inti)
7 jam
Jadi jlm tenaga kep. Yg dibutuhkan di kamar operasi untuk contoh kasus di atas 20 orang.
b. Di ruang penerimaan dan RR
Ketergantungan pasien di ruang penerimaan : 15 menit
ketergantungan pasien di RR : 1 jam
1.25 x 30
----------- 5.3 orang (dibulatkan 5 orang)
7
Jadi jlm tenaga kep. Yg dibutuhkan di ruangan penerimaan dan RR adalah 5 orang
Perhitungan di atas dg kondisi : alat tenun dan set operasi dipersiapkan oleh CSSD.
2. JENIS TENAGA
a. Kepala Ruangan
l Pada ruang rawat MPKP pemula: KARU dengan kemampuan min. DIII Keperawatan/DIV dengan pengalaman.
l Pada ruang rawat MPKP I: KARU dengan tk. Kemampuan SKp/Ners dengan pengalaman.
TUGAS (dinas pagi)
l Mengatur pembagian tugas jaga perawat (jadual dinas)
l Mengatur dan mengendalikan kebersihan dan ketertiban ruangan
l Mengadakan diskusi dengan staf untuk memecahkan masalah ruangan
l Membimbing siswa/mhs dalam pemberian asuhan keperawatan di ruangan dengan dengan mengikuti system MPKP yang telah ada
l Melakukan kegiatan administrasi dan surat menyurat
l Mengorientasikan pegawai baru, residen, mhs kedokteran dan keperawatan yang akan melakukan praktek di ruangan
l Menciptakan dan memelihara hubungan kerja yang harmonis dengan klien, keluarga, dan tim kesehatan lainnya
l Mengecek kelengkapan persedian status keperawatan min 5 (lima) set setiap hari
l Melaksanakan pembinaan terhadap PP dan PA dalam hal penerapan MPKP termasuk tingkah laku professional
l Bila PP cuti, tugas dan tanggungjawab PP tersebut di ambil alih oleh karu, dan dapat didelegasikan kepada PA senior (wakil PP pemula yag ditunjuk) tetapi tetap di bawah pengawasan KARU
l Merencanakan dan memfasilitasi ketersediaan fasilitas yang dibutuhkan di ruangan
l Memonitor dan mengevaluasi penampilan kerja semua tenaga yang ada di ruangan dan membuat DP3 dan usulan kenaikan pangakat
l Melakukan pertemuan rutin dengan semua perawat tiap bulan untuk membahas kebutuhan di ruangan
l Merencanakan dan melaksanakan evaluasi mutu asuhan keperawatan
b. Clinical Care Manager ( CCM )
· Pada ruang rawat MPKP pemula: SKp/Ners dengan pengalaman
· Pada ruang rawat MPKP I: Ners spesialis
Tugas Dan Tanggung Jawab CCM (Dinas Pagi)
n Melakukan bimbingan dan evaluasi tentang implementasi MPKP (ronde keperawatan)
n Pada saat CCM melakukan bimbingan dan evaluasi, kegiatan yang dilakukan meliputi:
n Menetapkan secara acak min 2 (dua) status yang akan dievaluasi untuk setiap tim
n Bersama dengan PP mengevaluasi status berdasarkan “instrument evaluasi implementasi MPKP oleh CCM”
n Apakah dx yang ditetapkan sesuai dengan kondisi klien, apakah diperlukan pengkajian lanjut? Melakukan pengkajian lanjut sesuai kebutuhan
n Apakah dx yang ditetapkan masih menjadi masalah klien atau sudah teratasi. Bila sudah teratasi apakah sudah didokumentasikan
n Apakah semua tindakan keperawatan yang diidentifikasi pada renpra sudah dilakukan dan didokumentasikan pada format “implementasi tindakan keperawatan” (membaca setiap tindakan pada renpra dan lihat dokumentasinya pada format).
n Apakah masalah psikososial sudah diidentifikasi? Masalah psikososial diidentifikasi bila kklien sudah dirawat lebih dari 5 hari
n Apakah masalah kurangnya pengetahuan sudah diidentifikasi? Masalah ini diidentifikasi 4 hari sebelum klien pulang
n Apakah pengisian hal-hal istimewa sudah dilakukan sesuai panduan?
n Apakah laporan pergantian dinas di isi sesuai panduan?
n Mengidentifikasi masalah yang dihadapi oleh PP dan tim:
n Dokumentasikan semua kegiatan tersebut pada “buku komunikasi CCM” dengan format sebagai berikut:
Menuliskan hari dan tanggal bimbingan dan evaluasi
v Kelengkapan status……%
v Klien mengetahui nama PP……%
v PA mendapat bimbingan dari PP…..%
v Masukan:………………………….
n Identifikasi masalah lain secara umum untuk mendapatkan masukan dari kelompok kerja MPKP
n Pada bagian akhir dituliskan nama CCM dan tanda tangan
v Memberikan masukan pada diskusi kasus yang dilakukan PP dan PA
v Mempresentasikan isu-isu baru yang terkait dengan ASKEP
v Mengidentifikasi evidence yang memerlukan pembuktian
v Mengidentifikasi masalah penelitian, merancang usulan dan melakukan penelitian
v Menerapkan hasil-hasil penelitian dalam memberi ASKEP
v Bekerja sama dengan KARU dalam hal: melakukan evaluasi ttg mutu ASKEP, mengkoordinir, mengarahkan dan mengevaluasi mhs praktek, dan membahas dan mengevaluasi ttg penerapan MPKP
v Mengevaluasi pendidikan kesehatan yang dilakukan oleh PP dan memberi masukan untuk perbaikan
v Merancang pertemuan ilmiah untuk membahas hasil evaluasi/penelitian ttg ASKEP
c. Perawat Primer (PP)
Ú MPKP Pemula: DIII Keperawatan dengan pengalaman
Ú MPKP I: SKp/Ners
Ú Dinas: Pagi, Sore, Malam (tapi sebaiknya pada pagi atau sore saja)
Ú Bila PP dinas sore, harus didampingi min. 1 orang PA dalam timnya à punya waktu untuk menilai perkembangan semua kliennya.
Tugas Dan Tanggug jawab
• Melakukan kontrak dengan klien dan klg pada awal masuk ruangan, mengorientasikan ruangan, melakukan pengkajian (baru dan melanjutkan pengkajian PP dinas sebelumnya)
• Mmbuat rencana askep, menjelaskan renpra yang sudah ditetapkan kepada PA dalam timnya pd saat pre conference, melakukan bimbingan dan evaluasi PA, memonitor dokumentasi yang dilakukan PA
• Melakukan tindakan keperawatan yang bersifat terapi keperawatan dan tindakan keperawatan yang tidak dapat dilakukan oleh PA, mengatur pelaksanaan konsul dan pemeriksaan lab, mendampingi dokter visite
• Melakukan evaluasi askep dan membuat catatan perkembangan klien setiap hari, memberikan pend kesehatan pada klien dan keluarga, membuat perencanaan pulang, bekerjasama dengan CCM
d. Perawat Asosiet (PA)
Ú Kemampuan: DIII Keperawatan atau SPK yang berpengalaman sudah cukup lama di Rumah Sakit tersebut
Ú Tugas dan Tanggug Jawab:
• Membaca renpra yang telah ditetapkan PP, menggantikan tugas PP jika tidak berada di tempat, mengkomunikasikan kepada PP/PJ dinas bila menemukan masalah yang perlu diselesaikan, menyiapkan klien untuk pemeriksaan diagnostic, lab, pengobatan, dan tindakan, berperan serta dalam pendkes pada klien dan klg, membantu tim lain yang membutuhkan.
e. PEMBANTU KEPERAWATAN
• Membersihkan ruangan dan meja pasien
• Menyediakan alat-alat yang diperlukan untuk tindakan keperawatan atau kedokteran
• Membantu perawat dalam melaksanakan askep
• Membersihkan alat-alat yang digunakan
• Mengurus pemberangkatan dan pemulangan klien konsul
• dll
Posted By Hartini Bai_PSIK UH ‘03
http://www.ningbai.blogspot.com
DAFTAR PUSTAKA
Sitorus Ratna, Yulia, 2005, Model Praktek Keperawatan Profesional di Rumah Sakit Panduan Implementasi,. EGC, Jakarta
Ratna Sitorus, 2005, Model Praktek Keperawatan Profesional di Rumah Sakit,. EGC, Jakarta
0 Responses to MANAJEMEN KEPERAWATAN: MODEL PRAKTEK KEPERAWATAN PROFESIONAL